Friday, June 25, 2010

Web Usability (Part 3)

Melanjutkan dari post sebelumnya yang berjudul "Web Usability (Part 2)", saya akan kembali mambahas web RianaGallery dengan lebih rinci. Terlihat bahwa usability dari website ini sudah cukup baik, tetapi masih ada yang belum sesuai. Setelah di telaah lebih lanjut, saya menyadari bahwa web ini mempunyai tab yang kurang konsisten bahasanya. Seperti terlihat pada gambar berikut:


Pada pilihan dari ujung kiri terdapat pilihan Home dan About Us, pilihan ini berbahasa Inggris tetapi pada pilihan berikutnya adalah Bantuan dan Cara Pembayaran yang merupakan bahasa Indonesia. Alangkah baiknya jika sebuah website konsisten bahasa nya.

Berikutnya adalah mengenai warna tulisan dari isi web ini, untuk tulisan judul atau pilihan sudah sesuai, tapi untuk tulisan di bagian isi warna lembut yang dipakai kurang sesuai sehingga menjadi tidak terlalu bersahabat untuk dibaca dengan mata pengguna. Di bawah ini gambar yang di ambil dari website tersebut.

Tulisan di atas warna tidak sesuai sehingga menjadi seperti pudar atau kurang jelas, hampir semua tulisan di bagian isi seperti ini warna tulisannya. Padahal jika mengambil warna yang lebih gelap seperti coklat atau hitam maka tulisan akan mudah di baca, ditambah dengan memperluas jarak antar baris sehingga pengguna dapat membaca dengan nyaman.

Selanjutnya dari web ini ada gambar yang terus berubah setiap enam detik (setelah saya hitung detiknya kurang lebih 6 detik), sesuatu yang berubah ubah akan mencolok mata pengguna membuatnya lebih menarik atau yang pertama dituju pleh pengguna. Sebenarnya baik dipakai,tetapi jika ada tulisan yang lumayan panjang jika hanya 6 detik maka pengguna terkadang tidak selesai membacanya tapi sudah berubah lagi gambarnya. Gambar di bawah ini adalah salah satu dari yang berubah ubah tersebut:

Akan lebih membantu pengguna jika disediakan tombol berhenti atau bisa di klik selanjutnya dan sebelumnya. Sehingga jika pengguna menginginkan untuk membaca informasi singkatnya sebelum klik pada pilihan detail, pengguna bisa dengan bebas membaca dulu tanpa harus buru-buru karena gambarnya akan segera berubah. Atau bisa juga dengan otomatis gambar berhenti ganti jika kursor berada di gambar tersebut.

Di website ini pengguna dapat mengomentari pada bagian Testimonial , hal ini sangat berguna karena pengguna dapat bebas berbagi pengalaman berbelanja di web ini atau memberi saran dan kritik.













Tapi pemilihan desain untuk halaman ini kurang sesuai, selain tulisannya seperti yang telah dibahas sebelumnya, juga lebih baik jika diberi jarak antar baris. Selain itu akan rapih jika tulisan tiap komentar ada didalam sebuah kotak.

Pada tab pilihan Catalog setelah di buka tidak berisi apapun, hanya kosong dan itu kurang efektif. Mungkin belum terisi atau masih dalam pembaharuan.

Terdapat pilihan kategori di bagian kiri, jika kursor di arahkan ke Aksesoris Etnik maka akan muncul pilihan Gelang atau kalung, tapi tidak semua kategori terdapat pilihan. Dan saat dibuka ternyata tidak ada pilihan gelang ataupun kalung yang dijual. Jika kosong atau belum diperbaharui seperti ini lebih baik jika ada pemberitahuan kepada pengguna bahwa pilihan tidak ada atau habis, sehingga pengguna tidak hanya membuka halaman kosong.


Website ini sudah cukup baik, tetapi semua tidak ada yang sempurna pasti ada kekurangan begitu juga dengan saya yang menganalisis web ini. Demikian analisis untuk kajian web usability untuk mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.

19 comments:

  1. website rianagallery.com sebenarnya sangat menarik, terutama bagi kaum hawa yang sangat suka dengan keindahan ^^.. namun, indah saja belum cukup website yg baik juga harus mempunyai usability yang baik..

    with smile ^^,
    -windy widowati-
    windyw07.student.ipb.ac.id

    please comment at :
    martabakmanisku.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. bener juga ini terjadi ketidak konsistenan bahasa yah mungkin sebagian besar orang wajar dengan kata home dari pada beranda tapi alangkah baiknya bila bahasanya diseragamkan :)

    ReplyDelete
  3. wah, situsnya terlalu ramai ya...
    tidak ada pembata yang jelas lagi

    ReplyDelete
  4. wAH, situs ini terlihat ramai sekali...
    tidak ada batasan yang jelas tiap bagiannya..

    ReplyDelete
  5. Untuk jenis warna font isi, sebaiknya menggunakan warna yang gelap agar contrast dengan background-nya yang berwarna putih.

    ReplyDelete
  6. pemilihan warna plus design layout udah pas banget, menarik perhatian :) untuk usability dan consistency masih agak kurang di beberapa fungsional.

    Good review, Aprilia Ramadhina :p

    ReplyDelete
  7. about us biasanya diletakkan di menu terakhir...karena biasanya menu lainnya lah yang lebih dipentingkan dari pada About us tersebut....

    ReplyDelete
  8. Pertama membuka website itu yang saya pikirkan adalah header-nya lucu, warna dan design-nya menarik untuk sebuah web-commerce.

    Tapi saya setuju dengan kamu kalau warna teks kurang kontras sehingga kurang visible. Menu E-Catalog juga masih kosong sehingga membuat user kesal karena tidak sesuai harapan.

    Selain itu, untuk sebuah web-commerce sebaiknya bagian penting diletakkan dalam satu layar. Hal itu karena kategori baru akan terlihat setelah kita scroll satu kali. Saran saya sebaiknya lebih memaksimalkan space di halaman home.

    Nice post, keep writing :)

    http://www.nadeea.co.cc/
    http://nadeae07.student.ipb.ac.id/

    ReplyDelete
  9. makin menantang makin asik x...
    hehe

    ReplyDelete
  10. sepertinya ketidak konsistenan bahasa masih merupakan suatu masalah yang cukup sering terjadi.

    ReplyDelete
  11. Indah sih... tapi animasi (perubahan gambar)-nya terlalu cepat... Jadi susah untuk dibaca...


    Adelina P.H. (F24070038)
    http://adelinap07.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  12. websiteny abgus yah....belum ada ketegori yang tepat tapi pembagianya

    ReplyDelete
  13. saya curiga komen dimana mana kok sama yah...copy paste yah...(kejar terget)


    sorry oot dikid

    untuk web ini aga sedikit aneh mengapa harganya jauh terpisah dari detailnya?

    ReplyDelete
  14. warnanya terlalu soft, kuarng sukaa..
    hehehehe
    mungkin kalo latarnya warna emas gue jadi suka..

    ReplyDelete
  15. untuk ulasannya luamayan, bisa dipatkan beberap kekurangan web yang di analisis.

    ReplyDelete
  16. my academic blog

    tampaknya terlalu banyak konten, tidak efisien. orang yang baru pertama kali masuk ke website ini pasti akan bingung.

    ReplyDelete
  17. pemilihan warna teks dari situsnya ga bagus...
    kurang bisa kebaca...

    ReplyDelete